• - +

Kabar Perwakilan

SKD CPNS 2018 di Graha Wana Bhakti Yaksa Yogyakarta Diundur
PERWAKILAN: D I YOGYAKARTA • Jum'at, 26/10/2018 •
 
Suasana lokasi tes CPNS di Graha Wana Bhakti Yaksa, Yogyakarta, Jumat (26/10/2018). tirto.id/Irwan A. Syambudi

SHARE

tirto.id - Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Graha Wana Bhakti Yaksa Yogyakarta diundur karena kendala teknis keterbatasan peralatan untuk Computer Assisted Test (CAT).

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi mengatakan tes yang sejatinya dilaksanakan Jumat (26/10/2018) pagi ini terpaksa harus diundur satu hingga dua hari.

"Bukan dibatalkan tapi diundur. Artinya ada kendala teknis. Ini kan bentuk dari kerja sama dengan semua pihak, yang ternyata kita rencanakan secara ideal tidak bisa tepat waktu. Dengan terpaksa kita undur. Diundurnya ya satu dua hari lah," kata Gatot di Yogyakarta, Jumat (26/10/2018).

Namun demikian pihaknya masih menunggu Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan secara resmi pengunduran tes. Setelah diumumkan BKN, pihaknya akan langsung menindaklanjuti pelaksanan tes.

Gatot menjelaskan kendala teknis yang dialami panitia karena memang laptop dan aplikasi belum siap. Laptop dan aplikasi untuk tes khusus didatangkan dari Jakarta yang hingga hari ini belum sampai di Yogyakarta.

"Kemarin diminta oleh BKN [tanggal] 26 [Oktober] harus dimulai. Kami sebagai pelaksana di lapangan harus menyiapkan. Ruang sudah disiapkan, meja, dan kursi sudah siap. Tapi karena laptop dan aplikasi dari Jakarta maka kami menunggu," ujarnya.

Menurut Gatot, laptop dari Jakarta baru sebagian tiba di Yogyakarta pada Jumat (26/10/2018) pukul 03.00 WIB. Sementara sebagian laptop sampai Jumat siang masih dalam perjalanan, sehingga diperkirakan pada Sabtu (27/10/2018) seluruh laptop yang dibutuhkan sudah lengkap.

Oleh karena itu Gatot memperkirakan tes baru dapat dilakukan pada Senin (29/10/2018) saat laptop dan aplikasi sudah siap.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat ini peserta seleksi CPNS 2018 yang telah tiba di lokasi diminta untuk pulang dan akan diberi tahu lebih lanjut mengenai jadwal tes.

"Untuk saat ini peserta diminta pulang karena sampai saat ini perangkat belum siap sepenuhnya," ujar Asisten Ombudsman Perwakilan DIY, Nugroho yang meninjau lokasi tes.

Ia mengatakan, ada sekitar 1.200 peserta yang tertunda melaksanakan seleksi. "Informasi dari BKD Provinsi, untuk hari ini ada 3 sesi ujian, masing-masing sesi diikuti 450 peserta," ujarnya.

Di Yogyakarta tes CPNS hari pertama dilakukan di tiga titik, yaitu di Graha Wana Bhakti Yaksa, Kantor Regional 1 BKN DIY-Jateng dan di SMA 7 Muhammadiyah Wirobrajan.

Berdasarkan pantauan reporter Tirto, pelaksanan di tes Kantor Regional 1 BKN DIY-Jateng berjalan lancar.


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...