• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Tinjau RSUD Bob Bazar Lamsel, Ombudsman RI Minta Pengoptimalan Pelayanan Berbasis IT
PERWAKILAN: LAMPUNG • Jum'at, 04/06/2021 •
 
Pimpinan Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya. Foto: Imanuel/Kupastuntas.co

Kupastuntas.co, Lampung Selatan - Ombudsman Republik Indonesia (RI) minta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar SKM Kalianda, optimalkan pelayanan dengan berbasis IT (Information Technologi).

"Ini era Covid-19, tentu pelayanan publik itu perlu paradigma baru, semestinya mengoptimalkan penggunaan IT," kata Pimpinan Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya, usai meninjau pelayanan RSUD Bob Bazar SKM Kalianda, Jumat (4/6/2021).

Dadan mengatakan, pelayanan yang dapat diterapkan dengan basis IT itu seperti sistem antrean, sistem pemberkasan, dan sistem administrasi-administrasi yang akan diurus oleh pasien.

"Ombudsman khususnya, mendorong pelayanan publik supaya masuk kearah situ. Karena memang dari dulu pemerintah juga sudah mencanangkan E-Goverment, kita masuk ke era digital," lanjutnya.

Nantinya, lanjut Dadan, sistem informasi manajemen rumah sakit harus dapat terintegrasi dengan sistem informasi manajemen puskesmas. Hal tersebut bertujuan apabila terdapat pasien yang akan datang ke rumah sakit, pasien tersebut langsung mendapatkan pelayanan, tidak perlu menunggu antrean.

"Sehingga pasien tidak perlu menunggu tindakannya kapan, akhirnya berinteraksi dengan orang yang enggak perlu. Orang tinggal datang kesini tinggal berikan tindakan yang dibutuhkan, yang lain-lain sudah diselesaikan diluar," jelasnya.

Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Lamsel dan juga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lamsel juga dapat memperhatikan kebutuhan RSUD BOB Bazar SKM Kalianda, karena RS tersebut juga merupakan RS daerah.

"Karena fasilitasnya masih sedang berkembang, masih belum selesai. Saya kira Pemda punya komitmen untuk mempercepat. Kalaupun ini mengelola keuangan sendiri, tapi sebagai RS daerah tetap saja komitmen dari Bupati dan DPRD harus melihat kebutuhan RS," tutupnya. (*)


Loading plugin...



Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...