• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Awasi Arus Balik Mudik, Ombudsman Babel Buka Posko Pengaduan Di Bandara Depati Amir
PERWAKILAN: KEPULAUAN BANGKA BELITUNG • Rabu, 11/05/2022 •
 
Shulby Yozar Ariadhy, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kep. Bangka Belitung

PANGKALPINANG, BNBABEL.COM - Dalam rangka mengoptimalkan fungsi penerimaan pengaduan penyelenggaraan pelayanan publik, Ombudsman RI Babel akan melaksanakan kegiatan Ombudsman On The Spot (OOTS) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang sembari melakukan pengawasan arus balik mudik pasca idul fitri tahun 2022. Hal ini disampaikan oleh Mariani selaku Kepala Keasistenan Penerimaan dan Konsultasi Laporan di meja kerjanya, Senin (09/05/2022).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama antara Ombudsman RI Perwakilan Kepulauan Bangka Belitung dan Pihak PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Depati Amir Pangkalpinang. Kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi yang baik antara lembaga pengawas dan penyelenggara pelayanan publik demi mewujudkan pelayanan berkualitas untuk para pengguna layanan di bandara.

"Ini akan jadi kali kedua Ombudsman Babel melakukan OOTS di Bandara. Sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2020 lalu dan saat itu diterima 20-an aduan. Untuk itu, tahun 2022 kami kembali membuka posko pengaduan di Depati Amir agar bisa menampung keluhan masyarakat," ujar Mariani.

Secara terpisah, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Babel, Shulby Yozar Ariadhy, S.IP.,M.PA.,M.Sc. manyampaikan bahwa OOTS adalah kegiatan rutin dalam program kerja tahunan Ombudsman RI Babel. Selain penyediaan kanal aduan secara online dan datang langsung (offline), OOTS merupakan program khusus yang secara teknis petugas penerimaan aduan yang turun ke tempat-tempat pusat layanan secara langsung. Ini bagian dari strategi meningkatkan partisipasi masyarakat untuk ikut mengawasi pelayanan publik, sekaligus memantau pelayanan arus balik mudik lebaran.

"Sebab, sebelum lebaran kemarin kami juga turun mengawasi pelayanan mudik, dan hasilnya Bandara Depati Amir cukup baik dalam memberikan pelayanan. Kami harap juga pihak penyelenggara konsisten tetap baik dalam pelayanan arus baliknya," sebutnya.

Melalui program OOTS selain dapat menjadi bahan evaluasi oleh pihak AP 2 dalam meningkatkan pelayanan bandara, tetapi masyarakat juga dapat memberikan informasi terkait perlunya peningkatan pelayanan pada instansi pemerintah atau BUMN/BUMD lainnya yang menjadi ranah pengawasan Ombudsman RI.

"Ombudsman Babel akan membuka posko pengaduan OOTS pada hari rabu nanti, tanggal 11 Mei 2022. Untuk itu, kami menghimbau para masyarakat dapat berperan aktif menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik yang dirasa kurang maksimal, tidak saja substansi perhubungan, bisa juga subtansi layanan lainnya seperti adminduk, agraria, pendidikan, kesehatan, listrik dan sebagainya," tutup Yozar.(Ibnu)





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...