Ombudsman NTT imbau pemudik manfaatkan layanan posko Lebaran
Kupang (ANTARA) - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Timur Darius Beda Daton mengimbau pemudik di daerah itu memanfaatkan layanan posko mudik Lebaran 2022 di bandara maupun pelabuhan untuk kelancaran perjalanan pulang kampung.
"Warga yang akan dan sedang mudik namun menerima layanan yang dirasakan kurang memuaskan, silakan manfaatkan layanan posko mudik Lebaran di bandara dan pelabuhan untuk menyampaikan komplain," katanya di Kupang, Kamis, (28/4).
Dia menjelaskan tim Ombudsman NTT telah memantau
langsung kesiapan layanan publik sektor transportasi di posko mudik Lebaran di
Kupang yaitu Pelabuhan Bolok, Pelabuhan Tenau, dan Bandara El Tari.
Pemantauan itu untuk memastikan bahwa warga akan
mudik di NTT menggunakan moda transportasi udara, laut, dan darat dilayani
dengan sebaik-baiknya oleh negara mengacu pada edaran Menteri Perhubungan dan
Ketua Satgas COVID-19 mengenai pedoman pelaksanaan mudik angkutan Lebaran 2022.
"Prasarana terminal dan kelaikan kendaraan
mudik harus benar-benar dipastikan aman dan nyaman bagi pemudik," katanya.
Beda Daton mengatakan jika pemudik mengalami
kendala terkait pelayanan perjalanan maka dapat menyampaikan pengaduan ke posko
mudik Lebaran yang tersedia.
Petugas posko dari lintas instansi akan berada di
posko selama 24 jam untuk melayani pemudik, termasuk layanan kesehatan seperti
obat-obatan dan mobil ambulans.
"Jadi ada petugas yang bersiaga untuk
membantu pemudik mengatasi kendala jika terjadi di lapangan," katanya.
Ia menambahkan mobilitas masyarakat yang mudik
kali ini dapat berpotensi jauh lebih banyak karena dua tahun sebelumnya
dilarang mudik sehingga perlu dilayani secara baik apalagi di tengah situasi
pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.