• ,
  • - +

Kabar Perwakilan

Sidak CPNS, Ombudsman Lampung Tekankan Berikan Pelayanan Maksimal
PERWAKILAN: LAMPUNG • Kamis, 16/09/2021 •
 

Pringsewu - Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Lampung Nur Rakhman Yusuf melakukan pemantauan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN 2021 di SMK Yadika Pringsewu dalam rangka pengawasan proses pra ujian dan peninjauan lokasi pelaksanaan, pada Kamis (16/9/2021). Selain itu, juga dilakukan monitoring di titik lainnya yaitu pada lokasi ujian di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dengan cara memilih hari secara acak dan dilakukan mendadak (sidak).

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kami melakukan monitoring pelaksanaan tes SKD, Senin kemarin tim telah saya turunkan ke ITERA dengan jadwal peserta tes calon CASN Kabupaten Lampung Selatan. Hari pertama ujian biasanya krusial agar kita mengetahui kendala apa yg dihadapi baik panitia maupun peserta. Kemudian saya melakukan kunjungan lokasi ujian bagi para calon CASN Kabupaten Pringsewu di SMK Yadika Pringsewu," jelas Nur Rakhman.

Ditelusuri lebih lanjut, pihaknya menjelaskan tidak ada temuan khusus yang mengakibatkan batalnya peserta mengikuti ujian dalam pengawasan yang dilakukan baik di ITERA maupun di SMK Yadika Pringsewu, namun pihaknya meminta panitia daerah untuk melaksanakan beberapa catatan temuan yang langsung disampaikan pada kunjungan tersebut.

"Untuk di ITERA kami masih menemukan peserta yg hanya memakai masker satu lapis dan masih membawa benda yang tidak diperlukan di ruang ujian misalkan pena. Untuk itu kami meminta panitia menyediakan masker di meja registrasi dan lebih teliti dalam memeriksa barang bawaan peserta. selain itu, kami juga meminta ibu hamil dan baru melahirkan untuk diprioritaskan. Kami apresiasi panitia dearah Kabupaten Lampung Selatan langsung sigap mendahulukan ibu hamil dalam setiap proses pra ujian, baik dari registrasi penitipan barang sampai didahulukan memasuki ruang ujian," ungkap Nur Rakhman.

Ditanya lebih lanjut terkait pelaksanaan SKD dengan panitia daerah Pringsewu, Nur Rakhman menjelaskan dirinya memimpin tim untuk mengikuti alur sejak awal dan memeriksa seluruh pos dan ruangan yang digunakan peserta, dirinya juga menyempatkan diri menyapa peserta ujian.

"Untuk pelaksanaan SKD di SMK Yadika Pringsewu yang menjadi catatan utama justru di ruang steril/ruang tunggu dan ruang ujian karena terasa sangat panas dan banyak dikeluhkan oleh peserta, namun kami juga mengapresiasi panitia dari Pemda Pringsewu berkomitmen akan memasang alat pendingin/kipas agar peserta lebih nyaman. Selain itu kami juga menyoroti penyediaan handsanitizer di setiap pos pemberhentian dan sabun di toilet, karena protokol pecegahan Covid-19 juga tetap menjadi perhatian kami," tegas Nur Rakhman.

Diketahui Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Lampung melakukan serangkaian pengawasan terkait proses penerimaan CASN di Provinsi Lampung sejak tahap seleksi administrasi sampai tahap pengumuman akhir.

"Kami akan terus memantau proses pelaksanaan penerimaan CASN 2021 di Provinsi Lampung, termasuk monitoring SKD ini akan kami lanjutkan secara acak dan mendadak. Selain itu jika terdapat kendala baik dari pihak panitia dan peserta dengan adanya pengawasan dari kami, kami harap dapat segera terselesaikan dan proses pelaksanaan ini berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya.





Loading...

Loading...
Loading...


Loading...
Loading...